NAMA :
SADAM HI. HASAN
NIM : 45.16.013.051
KELAS : AKUNTANSI ‘B
MATKUL : TEKNOLOGI INFORMASI
DOSEN PENGAMPU: LUKMAN SETIAWAN, S.Si.,S.Psi.,SE.,MM
ANALISIS SWOT PADA PT BANK MANDIRI
(PERSERO)
1.STRENGHT
(KEKUATAN) PT BANK MANDIRI (PERSERO)
Kuesioner internal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)
Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)
NO
|
STRENGHT
|
SKOR
|
BOBOT
|
TOTAL
|
1
|
Struktur
perusahaan yang jelas
|
0,4
|
4
|
1,6
|
2
|
SDM
yaang kompetitif memadai dalam hal kuantitas dan kualitas
|
0,6
|
4
|
2,4
|
3
|
Manajemen
keberlanjutan yang diterapkan oleh Bank Mandiri
|
0,4
|
3
|
1,2
|
4
|
Akuntabilitas
, transparansi dan pengawasan
|
0,4
|
4
|
1,6
|
5
|
Pendekatan
intensif dengan customer dan dealer
|
0,5
|
4
|
2
|
6
|
Penguatan
pelayanan pengelolaan pengaduan Nasabah
|
0,6
|
4
|
2,4
|
7
|
Kestabilan
Growth Ratio
|
0,4
|
4
|
1,6
|
8
|
Posisi
likuiditas yang kuat
|
0,6
|
5
|
3
|
9
|
Pengembangan
dan penerapan alat pembayaran non-tunai
|
0,5
|
4
|
2
|
10
|
Pengembangan
teknologi keamanan informasi
|
0,5
|
4
|
2
|
11
|
Manajemen
hubungan industrial yang harmonis antara pegawai dan perusahaan
|
0,5
|
4
|
2
|
12
|
Strategi
peralihan advertising
|
0,5
|
3
|
1,5
|
13
|
Memperkuat
leadership di segmen wholesale dengan melakukan pendalaman relationship
dengan nasabah.
|
0,5
|
4
|
2
|
14
|
Meningkatkan
Kepuasan Nasabah melalui peningkatan layanan Cabang dan e-channel Bank
Mandiri
|
0,6
|
5
|
3
|
|
TOTAL KEKUATAN
|
|
|
28,3
|
Ukuran
skor Kekuatan :
Ukuran Pembobotan :
0,1 = Sedikit kuat
1 = Sedikit
penting
0,2 = Agak kuat 2
= Agak penting
0,3 = kuat
3
= Penting
0,4 = Sangat kuat
4
= Sangat penting
0,5 = Sangat kuat sekali 5 = Sangat kuat sekali
2.WEAKNESS
( KELEMAHAN ) PT BANK MANDIRI (PERSERO)
Kuesioner internal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weaknes)
Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weaknes)
NO
|
WEAKNESS
|
SKOR
|
BOBOT
|
TOTAL
|
1
|
Diferensiasi
yang lemah dalam bidang marketing
|
0,3
|
2
|
0,6
|
2
|
Laverage
ratio yang tinggi dalam bidang financial
|
0,5
|
1
|
0,5
|
3
|
Limeted
access to international market bidang financial
|
0,6
|
1
|
0,6
|
|
TOTAL KELEMAHAN
|
|
|
1,7
|
Ukuran skor Kelemahan : Ukuran Pembobotan
:
0,1 = Sedikit lemah 1
= Sedikit penting
0,2 = Agak lemah 2
= Agak penting
0,3 =
Lemah 3 =
Penting
0,4 = sangat lemah 4 = sangat
penting
0,5 = sangat lemah sekali 5 =
sangat penting sekali
3.OPPORTUNITY
(KESEMPATAN/PELUANG) PT BANK MANDIRI (PERSERO)
Kuesioner eksternal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui
Peluang/Kesempatan (Opportunities)
NO
|
OPPORTUNITY
|
SKOR
|
BOBOT
|
TOTAL
|
1
|
Memberikan
solusi transaksi keuangan yang komprehensif kepada nasabah corporate
|
0,6
|
4
|
2,4
|
2
|
Selalu
berusaha memberikan layanan perbankan yang unik, unggul dan solusi transaksi
yang inovatif.
|
0,6
|
5
|
3
|
3
|
Bank
Mandiri bertekad menjadi institusi keuangan terbaik di ASEAN, dalam segi
pelayanan, produk,
|
0,5
|
4
|
2
|
4
|
Kebijakan
Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan
(BI rate)
|
0,3
|
3
|
0,9
|
5
|
Permintaan
akan barang dan jasa menurun
|
0,3
|
2
|
0,6
|
6
|
Tren
positif penggunaan mata uang elektronik dalam transaksi (cashless payment)
|
0,4
|
4
|
1,6
|
7
|
Mengembangkan
Transactional Banking, untuk mencapai pertumbuhan fee based income wholesale
dan retail.
|
0,3
|
4
|
1,2
|
8
|
Berkembangnya
e-commerce atau online shop
|
0,3
|
3
|
0,9
|
9
|
Perkembangan
teknologi yang semakin canggih
|
0,5
|
4
|
2
|
10
|
Status
dan reputasi perusahaan di mata publik termasuk serifikasi
|
0,4
|
3
|
1,2
|
11
|
Program
pemerintah yang mengikutsertakan perusahaan
|
0,4
|
4
|
1,6
|
12
|
pengembangan
SDM & implementasi culture, good corporate governance, information
technology, dan risk management.
|
0,5
|
4
|
2
|
13
|
Menjadi
Bank pilihan nasabah di segmen retail, dengan akselerasi bisnis di
segmen-segmen utama yang menjadi pendorong utama pertumbuhan bisnis Bank Mandiri
|
0,4
|
4
|
1,6
|
14
|
Sumber
pendanaan yang banyak dan bervariasi jika perusahaan go public
|
0,4
|
3
|
1,2
|
|
TOTAL PELUANG/KESEMPATAN
|
|
|
22,2
|
Ukuran skor Berpeluang : Ukuran
Pembobotan :
0,1 = Sedikit berpeluang 1
= Sedikit penting
0,2 = Agak berpeluang 2
= Agak penting
0,3 =
Berpeluang 3 =
Penting
0,4 = Sangat berpeluang 4 =
Sangat penting
0,5 = Sangat berpeluang sekali 5
= Sangat penting sekali
4.THREATS
(ANCAMAN) PT BANK MANDIRI (PERSERO)
Kuesioner eksternal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (Threats)
Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (Threats)
NO
|
THREATS
|
SKOR
|
BOBOT
|
TOTAL
|
1
|
Kebijakan
atau pogram pemerintah yang mengikutsertakan perusahaan (termasuk didalamnya
isu-isu)
|
0,4
|
3
|
1,2
|
2
|
Kondisi
ekonomi global (dunia)
|
0,5
|
3
|
1,5
|
3
|
Kebijakan
Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan (BI rate)
|
0,3
|
3
|
0,9
|
4
|
Permintaan
akan barang dan jasa yang menurun
|
0,3
|
3
|
0,9
|
5
|
Kebiasaan
atau gaya hidup konsumen, dimana pengeluaran > pemasukan
|
0,4
|
3
|
1,2
|
6
|
Penyimpanan
konvensional
|
0,3
|
4
|
1,2
|
7
|
Adanya
ancaman dari hacker, malware , dst
|
0,4
|
4
|
1,6
|
8
|
Kesepakatan
antara Negara ASEAN dalam melaksanakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
|
0,4
|
3
|
1,2
|
|
TOTAL
|
|
|
9.7
|
Ukuran skor Mengancam : Ukuran
Pembobotan :
0,1 = Sedikit mengancam 1
= Sedikit penting
0,2 = Agak mengancam 2
= Agak penting
0,3 = Mengancam 3 =
Penting
0,4 = Sangat mengancam 4 =
Sangat penting
0,5 = Sangat mengancam sekali 5
= Sangat penting sekali
Berdasarkan hasil-hasil
yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan
di atas, hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut:
1. Skor Total
Kekuatan = 28,3
2. Skor Total Kelemahan
= 1,7
3. Skor Total
Kesempatan/Peluang = 22,2
4. Skor Total
Ancaman = 9.7
Dari
hasil perhitungan di atas, di dalam perhitungan strateginya memerlukan
penegasan dari adanya posisi dalam salib sumbu yaitu antara kekuatan dan
kelemahan, maupun peluang dan ancaman yang kesemuanya digambarkan dalam
garis-garis positif dan negatif. Hal ini mengakibatkan, skor total kekuatan
tetap 28,3 ,
skor total kelemahan menjadi 1,7
sedangkan skor total peluang 22,2 dan
skor total ancaman menjadi 9.7
Dari analisis tersebut
di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh
dari faktor peluang lebih besar dari
faktor ancaman. Oleh karena itu posisi
PT BANK MANDIRI (Persero) berada pada kuadran 1 yang berarti pada
posisi PERTUMBUHAN, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern/pun
eksternal PT BANK MANDIRI (Persero) yang KUAT, dengan lingkungan
yang sedikit MENGANCAM.
“Kuadran
1(S-O) Posisi ini menandakan perusahaan yang kuat dan berpeluang, rekomendasi
strategi yang diberikan adalah progresif. Artinya, perusahaan dalam kondisi
prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi,
memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.”
Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara
sebagai berikut:
•Koordinat
Analisis Internal :
(Skor total Kekuatan – Skor Total Kelemahan) : 2
= ( 28,3 –1,7) : = 26,6
•Koordinat
Analisis Eksternal :
(Skor total Peluang – Skor Total Ancaman) : 2 = (22,2 –9.7) : 2 = 12,5
•Jadi titik koordinatnya terletak pada
(26,6 ; 12,5)
Selanjutnya, hasil koordinat tersebut disajikan pada
diagram matrik swot untuk mengetahui posisi perusahaan. Setelah
diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut(X), maka posisi unit usaha
diketahui pada kuadran I .
Hasil
perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel
berikut ini :
Kuadran
|
Posisi titik
|
Luas matrik
|
Ranking
|
Prioritas Strategi
|
I
|
(28,3 ; 22,2)
|
50,5
|
1
|
Growth
|
II
|
(1,7 ; 22,2)
|
23,9
|
3
|
Kombinasi
|
III
|
(1,7; 9.7)
|
11,4
|
4
|
Penciutan
|
IV
|
(28,3; 9.7)
|
38
|
2
|
Stabilitas
|
Keterangan :
§ Pada
kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan
adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada
kesempatan yang ada.
§ Pada
kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan
sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
§ Pada
kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi
setiap ancaman.
§ Pada
kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap
ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Saran
:
(1) PT.Bank
Mandiri harus memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki dengan tetap
memandang faktor kelemahan dan ancaman. Jangan sampai kekuatan dan peluang
berubah menjadi ancaman besar bagi lembaga perbankan sendiri.
(2) Untuk
menarik masyarakat agar menjadi nasabah, maka sosialisasi dan promosi harus
gencar dilakukan baik secara tertulis maupun secara langsung, selain itu
PT.Bank Mandiri juga harus tetap meningkatkan pelayanan yang prima, melengkapi
fasilitas yang memadai.
(3) Jaringan
sangat berpengaruh terhadap kemajuan perbankan, oleh karena itu hendaknya
PT.Bank Mandiri lebih meningkatkan hubungan dengan pihak-pihak terkait yang
bermanfaat bagi laju perkembangan bank.
(4) Produk
tabungan yang ditawarkan hendaknya memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh
lembaga keuangan lain baik itu menyangkut kualitas maupun bagi hasilnya.
(5) Agar
dapat bersaing dipasar persaingan yang semakinkompetitif hendaknya PT.Bank
Mandiri mampu memprediksi peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh bank dan
selalu melakukan inovasi-inovasi produk yang mempunyai nilai jual tinggi
Jam Operasional Bank Mandiri Dari analisis tersebut di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang lebih besar dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi PT BANK MANDIRI (Persero) berada pada kuadran 1 yang berarti pada posisi PERTUMBUHAN, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern/pun eksternal PT BANK MANDIRI (Persero) yang KUAT, dengan lingkungan yang sedikit MENGANCAM.
BalasHapusThe Wynn Casino closes on June 19
BalasHapusThe Wynn Las Vegas will 문경 출장마사지 close on June 19. Wynn Las 평택 출장안마 Vegas announced today that it 아산 출장마사지 will close on 광주광역 출장마사지 June 19, 익산 출장안마 ending a seven-month closure schedule.