Minggu, 15 Januari 2017

Analisis SWOT pada PT Bank Mandiri (Persero)



NAMA                       : SADAM HI. HASAN
NIM                            : 45.16.013.051
KELAS                      : AKUNTANSI ‘B
MATKUL                  : TEKNOLOGI INFORMASI
DOSEN PENGAMPU: LUKMAN SETIAWAN, S.Si.,S.Psi.,SE.,MM


ANALISIS SWOT PADA PT BANK MANDIRI (PERSERO)

1.STRENGHT (KEKUATAN) PT BANK MANDIRI (PERSERO)
Kuesioner internal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)

NO

STRENGHT

SKOR

BOBOT

TOTAL
1
Struktur perusahaan yang jelas
0,4
4
1,6
2
SDM yaang kompetitif memadai dalam hal kuantitas dan kualitas
0,6
4
2,4
3
Manajemen keberlanjutan yang diterapkan oleh Bank Mandiri
0,4
3
1,2
4
Akuntabilitas , transparansi dan pengawasan
0,4
4
1,6
5
Pendekatan intensif dengan customer dan dealer
0,5
4
2
6
Penguatan pelayanan pengelolaan pengaduan Nasabah
0,6
4
2,4
7
Kestabilan Growth Ratio
0,4
4
1,6
8
Posisi likuiditas yang kuat
0,6
5
3
9
Pengembangan dan penerapan alat pembayaran non-tunai
0,5
4
2
10
Pengembangan teknologi keamanan informasi
0,5
4
2
11
Manajemen hubungan industrial yang harmonis antara pegawai dan perusahaan
0,5
4
2
12
Strategi peralihan advertising
0,5
3
1,5
13
Memperkuat leadership di segmen wholesale dengan melakukan pendalaman relationship dengan nasabah.
0,5
4
2
14
Meningkatkan Kepuasan Nasabah melalui peningkatan layanan Cabang dan e-channel Bank Mandiri
0,6
5
3

TOTAL KEKUATAN


28,3
Ukuran skor Kekuatan :                                                        Ukuran Pembobotan :
0,1 = Sedikit kuat                                                                   1 = Sedikit penting
0,2 = Agak kuat                                                                      2 = Agak penting
0,3 = kuat                                                                                3 = Penting
0,4 = Sangat kuat                                                                    4 = Sangat penting 
0,5 = Sangat kuat sekali                                                          5 = Sangat kuat sekali  
  

2.WEAKNESS ( KELEMAHAN ) PT BANK MANDIRI (PERSERO)
Kuesioner internal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weaknes)
NO
WEAKNESS
SKOR
BOBOT
TOTAL
1
Diferensiasi yang lemah dalam bidang marketing
0,3
2
0,6
2
Laverage ratio yang tinggi dalam bidang financial
0,5
1
0,5
3
Limeted access to international market bidang financial
0,6
1
0,6

TOTAL KELEMAHAN


1,7
Ukuran skor Kelemahan :                                       Ukuran Pembobotan :                                                         
0,1 = Sedikit lemah                                                     1 = Sedikit penting
0,2 = Agak lemah                                                        2 = Agak penting
0,3 = Lemah                                                                3 = Penting                                
0,4 = sangat lemah                                                      4 = sangat penting                              
0,5 = sangat lemah sekali                                            5 = sangat penting sekali
                                               

3.OPPORTUNITY (KESEMPATAN/PELUANG) PT BANK MANDIRI (PERSERO)

Kuesioner eksternal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui Peluang/Kesempatan (Opportunities)

NO
OPPORTUNITY
SKOR
BOBOT
TOTAL
1
Memberikan solusi transaksi keuangan yang komprehensif kepada nasabah corporate
0,6
4
2,4
2
Selalu berusaha memberikan layanan perbankan yang unik, unggul dan solusi transaksi yang inovatif.
0,6
5
3
3
Bank Mandiri bertekad menjadi institusi keuangan terbaik di ASEAN, dalam segi pelayanan, produk,
0,5
4
2
4
Kebijakan Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan  (BI rate)
0,3
3
0,9
5
Permintaan akan barang dan jasa menurun
0,3
2
0,6
6
Tren positif penggunaan mata uang elektronik dalam transaksi (cashless payment)
0,4
4
1,6
7
Mengembangkan Transactional Banking, untuk mencapai pertumbuhan fee based income wholesale dan retail.
0,3
4
1,2
8
Berkembangnya e-commerce atau online shop
0,3
3
0,9
9
Perkembangan teknologi yang semakin canggih
0,5
4
2
10
Status dan reputasi perusahaan di mata publik termasuk serifikasi
0,4
3
1,2
11
Program pemerintah yang mengikutsertakan perusahaan
0,4
4
1,6
12
pengembangan SDM & implementasi culture, good corporate governance, information technology, dan risk management.
0,5
4
2
13
Menjadi Bank pilihan nasabah di segmen retail, dengan akselerasi bisnis di segmen-segmen utama yang menjadi pendorong utama pertumbuhan bisnis Bank Mandiri
0,4
4
1,6
14
Sumber pendanaan yang banyak dan bervariasi jika perusahaan go public
0,4
3
1,2

TOTAL PELUANG/KESEMPATAN


22,2
Ukuran skor Berpeluang :                                                   Ukuran Pembobotan :                                                         
0,1 = Sedikit berpeluang                                                         1 = Sedikit penting
0,2 = Agak berpeluang                                                            2 = Agak penting
0,3 = Berpeluang                                                                     3 = Penting                                
0,4 = Sangat berpeluang                                                         4 = Sangat penting                 
0,5 = Sangat berpeluang sekali                                               5 = Sangat penting sekali
           
4.THREATS (ANCAMAN) PT BANK MANDIRI (PERSERO)
Kuesioner eksternal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (Threats
)
NO
THREATS
SKOR
BOBOT
TOTAL
1
Kebijakan atau pogram pemerintah yang mengikutsertakan perusahaan (termasuk didalamnya isu-isu)
0,4
3
1,2
2
Kondisi ekonomi global (dunia)
0,5
3
1,5
3
Kebijakan Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan (BI rate)
0,3
3
0,9
4
Permintaan akan barang dan jasa yang menurun
0,3
3
0,9
5
Kebiasaan atau gaya hidup konsumen, dimana pengeluaran > pemasukan
0,4
3
1,2
6
Penyimpanan konvensional
0,3
4
1,2
7
Adanya ancaman dari hacker, malware , dst
0,4
4
1,6
8
Kesepakatan antara Negara ASEAN dalam melaksanakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
0,4
3
1,2

TOTAL


9.7
Ukuran skor Mengancam :                                                  Ukuran Pembobotan :                                                         
0,1 = Sedikit mengancam                                                       1 = Sedikit penting
0,2 = Agak mengancam                                                          2 = Agak penting
0,3 = Mengancam                                                                   3 = Penting                                
0,4 = Sangat mengancam                                                        4 = Sangat penting                 
0,5 = Sangat mengancam sekali                                              5 = Sangat penting sekali

Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan di atas,  hasilnya dapat  dirangkum  sebagai berikut:
1. Skor Total Kekuatan    =  28,3
2. Skor Total Kelemahan = 1,7
3. Skor Total Kesempatan/Peluang = 22,2
4. Skor Total Ancaman    = 9.7
Dari hasil perhitungan di atas, di dalam perhitungan strateginya  memerlukan penegasan dari adanya posisi dalam salib sumbu yaitu antara kekuatan dan kelemahan, maupun peluang dan ancaman yang kesemuanya digambarkan dalam garis-garis positif dan negatif. Hal ini mengakibatkan, skor total kekuatan tetap 28,3 , skor total kelemahan menjadi 1,7 sedangkan skor total peluang 22,2 dan skor total  ancaman menjadi 9.7
Dari analisis tersebut di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang  lebih besar dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi  PT BANK MANDIRI (Persero) berada pada kuadran 1 yang berarti pada  posisi PERTUMBUHAN, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern/pun eksternal PT BANK MANDIRI (Persero) yang KUAT, dengan lingkungan  yang  sedikit MENGANCAM.
“Kuadran 1(S-O) Posisi ini menandakan perusahaan yang kuat dan berpeluang, rekomendasi strategi yang diberikan adalah progresif. Artinya, perusahaan dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.”
Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
•Koordinat  Analisis  Internal :
(Skor  total Kekuatan – Skor Total Kelemahan) : 2 = ( 28,31,7) :  =  26,6
•Koordinat  Analisis Eksternal :
(Skor total Peluang – Skor Total Ancaman) : 2 = (22,29.7) : 2 = 12,5
•Jadi  titik koordinatnya terletak  pada (26,6 ; 12,5)
Selanjutnya, hasil koordinat tersebut disajikan pada diagram matrik swot untuk mengetahui posisi perusahaan. Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut(X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I .
Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :
Kuadran
Posisi titik
Luas matrik
Ranking
Prioritas Strategi
I
(28,3  ; 22,2)
50,5
1
Growth
II
(1,7 ; 22,2)
23,9
3
Kombinasi
III
(1,7; 9.7)
11,4
4
Penciutan
IV
(28,3; 9.7)
38
2
Stabilitas

Keterangan :
§  Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
§  Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
§  Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
§  Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.

Saran :
(1)   PT.Bank Mandiri harus memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki dengan tetap memandang faktor kelemahan dan ancaman. Jangan sampai kekuatan dan peluang berubah menjadi ancaman besar bagi lembaga perbankan sendiri.  

(2)   Untuk menarik masyarakat agar menjadi nasabah, maka sosialisasi dan promosi harus gencar dilakukan baik secara tertulis maupun secara langsung, selain itu PT.Bank Mandiri juga harus tetap meningkatkan pelayanan yang prima, melengkapi fasilitas yang memadai.

(3)   Jaringan sangat berpengaruh terhadap kemajuan perbankan, oleh karena itu hendaknya PT.Bank Mandiri lebih meningkatkan hubungan dengan pihak-pihak terkait yang bermanfaat bagi laju perkembangan bank.

(4)   Produk tabungan yang ditawarkan hendaknya memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh lembaga keuangan lain baik itu menyangkut kualitas maupun bagi hasilnya.

(5)   Agar dapat bersaing dipasar persaingan yang semakinkompetitif hendaknya PT.Bank Mandiri mampu memprediksi peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh bank dan selalu melakukan inovasi-inovasi produk yang mempunyai nilai jual tinggi

2 komentar:

  1. Jam Operasional Bank Mandiri Dari analisis tersebut di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang lebih besar dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi PT BANK MANDIRI (Persero) berada pada kuadran 1 yang berarti pada posisi PERTUMBUHAN, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern/pun eksternal PT BANK MANDIRI (Persero) yang KUAT, dengan lingkungan yang sedikit MENGANCAM.

    BalasHapus
  2. The Wynn Casino closes on June 19
    The Wynn Las Vegas will 문경 출장마사지 close on June 19. Wynn Las 평택 출장안마 Vegas announced today that it 아산 출장마사지 will close on 광주광역 출장마사지 June 19, 익산 출장안마 ending a seven-month closure schedule.

    BalasHapus